Minggu, 23 September 2012

ULAR RAKSASA DI SERAWAK KALIMANTAN

Eeemmmmmmmmmmmm..............
Ular sebesar 100 kaki atau setara dengan 33 meter???????????

     Dikalimantan tepatnya di serawak sedang heboh-hebohnya dengan sebuah foto tentang seekor ular raksasa yang sedang berenang di perairan serawak atau di sungai Baleh.
     Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai Baleh,serawak yang dikelilingi oleh hutan gambu. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu.
Foto itulah yang masih menjadi perdebatan, Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa.  Namun, ular besar yang baru ditemukan itu adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawa, yang panjangnya belasan meter.
     Namun ular yang terlihat dan beredar luas di facebook,youtube,blog,website ini diperkirakan ukurannya jauh lebih besar dibanding phyton atau anak konda.


    Ada juga yang tidak memercayai gambar itu dan menganggapnya rekaan semata-mata. Hal ini karana terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak,  gambar itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan kerana sungai itu merupakan nadi pengangkutan masyarakat selama ini.

    Menurut, legenda yang di kalangan masyarakat setempat, memang dipercaya adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

   Namun sekarang ini pertanyaannya adalah benarkah semua foto-foto itu?

   Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

   Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam.

  Haahhh....saran saya,Kalau memang ular raksasa itu memang ada. Mau ular itu besarnya sebesar rumah atau sebesar mobil, asalkan ular itu tidak mengganggu kita, Janganlah megusik ketengannya.
Terimakasih(dari berbagai sumber)

Dan jangan lupa untuk share artikel sederhana ini ke FB atau acount jejring sosial networking lainya, untuk meramaikan kunjungan blog ini. Terimakasih....
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...